Selasa, 17 November 2009

Servis karburator

Om2 coba kalo lagi servis karbu sambil cek sambungan. Masih rata atau sudah keropos atau bisa jadi melengkung. Ini dikarenakan proses pemuaian karena panas yang terus menerus.

Akibat dari kebocoran ini :
1. Mesin mudah mati pd saat langsam
2. Mesin susah hidup
3. Udara yg masuk terlalu banyak
4. Boros bensin
5. Suara mesin kasar

Terus terang saya belum pernah servis ke tukang karbu. Apakah mereka memperhatikan sampai kesitu juga gak

Untuk pengecakan ini emang rada perlu ketelitian.

Cara pengecekan
1. Lepas sambungan karbu
2. Lepas packing
3. Sambungkan kembali
4. Terawang/ teropong apakah ada sinar yg masuk. Lebih baik di tempat gelap & beri lampu dari dalam.


Cara Pembetulan :
1. Bubut miling kedua sisi (bubut ada di lampu merah taman mini)
2. Ganti Packing yg baru (yono carburator taman mini)


download gambar :
http://202.182.48.49/abcd

Kalo mau maximal jelas kudu bongkar total

tapi menurut ane seh, karbu tetep harus dilepas dari dudukannya di intake supaya kita bisa dengan gampang mencari dan mengintip lubang G-Spotnya karbu ===> tanya ama om beva deach bagian mana dikarbu yang merupakan g-spot Laughing enakan mana bev? nyari Gspot nenek2 ato perawan ? hehehehhehehehe

trus kalo "belum berani" bongkar total, cukup buka tutup karbunya aja (bagian atas karbu) dari sini semua lubang gspot sudah bisa disembur2 kok...... dengan catatan make dcs nyemprotnya.... kalo make bensin / carb cleaner kurang MAXimal bersihnya ===> ibarat kate kalo cebok tuh masih belepetan "E2" nya husssssssssss


Tips dari ane buat bongkar2 karbu :

1. kalo ngak punya photografic memori, bisa foto2 pake kamera digital, jangan make kamera yang make film yah

2. buka spuyer2nya satu2 ====> maksudnya 1 mor dibuka semprot2 ampe bersih pasang lagi, baru pindah ke spuyer yang berikutnya ====> untuk menghindari tertukarnya tuh tempat2 spuyer. jadi ibarat kate nyolek perawan, dari kaki dulu , naik keatas... terus............... SEMPROTTTTTTTTTTTTT

Jika lampu depan dan grill VT dirubah

Iseng-iseng....
Sedikit berbagi inspirasi untuk om2 semua nih, sapa tahu pernah ada ide mau coba ganti lampu dan grill depan VTnya,semalem iseng2 otak-atik si VT bodas di corel,trus lihat2 gambar Mazda,ada 323 elite model lampunya ok juga nih dilihat2. Coba di acak2 di corel, ternyata bagus jga kalo di terapin di si VT,namun ada sedikit perbedaan, kemiringan lampu sein kana-kirinya.Kira2 masuk ga yah ukuran rumahan lampu 323 elite dengan VT, terutama lebar bodynya.
Ya demi iseng2 sapa tahu ini bisa jadi ide berguna buat VT mania.Sip

Pictures :
http://www.modupload.com/images/nkc10l8aofxf80vvk7z5.jpg
Sedikit tambahan : inspirasi Grill depan dan lampunya pake Tyo Starlet :
http://www.modupload.com/images/7lrvr47dqb926fz2i5e8.jpg

Lampu Indicator Aki menyala

biasanya seh kalo nyala pengisian alternator ke AKI kurang voltasenya.

alias alternator udah lemah... cara gampang : pake multitester digital.. dicek pas engine nyala diliat dapet berape voltasenya? normalnya kisaran 13-14volt (kondisi listrik hidup / mati)

kalo kurang dari 12.6 volt aje... bisa dibilang pengisian alternator LEMAH ===> coba digas 2k rpm naik kagak nilai voltasenya... kalo naik masih bisa ngisi kalo lagi jalan... cuman kalo lagi macet2an + malem + full load listrik. aki bisa tekor abis.... modar dah kagak bisa stater.

solusi awal : cek kabel2an di Kepala AKI (harus diem) kagak bisa digoyang2, terus cek kabel2an yang nempel di alternator.. kudu kondisi bagus jg.

kalo kabel2an dicek nempel semua.... berarti siap2 nyari alternator rebuilt aje deach...

selain cek kabel2 juga cek socket2 sambungannya terutama yang dari altenator ke accu kalo bisa sekalian di bersihin, kadang kotor juga bisa bikin tuh lampu nyala... nah kalo semua dah nga ada yang putus (kabel bagus) socket juga bersih tapi lampu masih nyala juga berarti main ke tukang dinamo deh om...tuker tambah aja biar nga berat.jangan lupa cari yang ampnya lebih gede misal 60-75 amp karena aslinya vt cuma 45 kalo nga salah....

Ganti Laher Roda Depan (Disk/Cakram)

1. Buka ban
2. Buka Kanvas rem
3. BUka 2 baut di di belakang disk ada di bagian depan atas dan bawah
4. Buka tutup laher yang tengah (congkel pake obeng minus)
5. buka spy dan baut penahan laher
6. Copot disk (ditarik keluar)
7. Ganti deh lahernya (jangan lupa dikasi grease)
8. pasang kembali kencengin baut pengikat laher (kalo bisa pake kunci
momen di set 0,45 - 0,6 kg) kalo nga ada kencengin secukupnya.. bisa
berputar lancar tapi nga goyang
9. pasang kembaliu semuanya
10. beres dah

Info Bengkel

1. SINAR SAFARI MOTOR (Pasar Mobil Kemayoran Blok F/1) --> onderdil berat
Rochim -- 021-6543640

2. JAYA SENTOSA MOTOR (Pasar Palmerah Lt 3) --> onderdil
021 - 5304757

3. UTAMA MOTOR (onderdil)
Pasar Cipete Blok D/7
021 - 7392371 / 0816700733

4. NAGA MAS (Pasar Kemayoran Blok F-12) (onderdil ex-Singapore)
Kiki -- 021-6544262 / 6543765

5. CENTRAL BAN (toko ban dan kaki2)
Jln Cideng Timur No 15A Jakpus
021 - 632 4678

6. BMS Salon Mobil Mobile : 0812 97 87 668
bisa cuci headlamp... harga sepasang Rp. 80.000

7. Duta Mas (toko shockbreaker)
021-72793677

8. Mr Maro, Rotary Motor
Jl. Raya Jatimakmur 44
0818990894
70244566
8472877

9. Indonesia Raya (parts slow moving)
di Muzatek Building
telp 3807240, 3519461

10. Garden Speed
www.gardenspeed.com/index.htm
Service Maintenance
Jl Muhasyim VII No 45 A - Cilandak
Jakarta 12430 - INDONESIA
Phone : +62-21-7512625
Fax : +62-21-7356365
11. Moro Seneng (toko kaca mobil)
Jl. Bangau IV 2E
(Jl. Stasion Senen 50E)
Jakarta 10610
Telp. 420-1972, 422-1098.
12. Bapak Teuku Muhammad Nurul (Om Agam)—(toko kaca mobil)
Hp.0888.811.7507/ 0817667.6143
Alamat Jl.Kincan Raya RT.001 Rw 02 No.148 Kel.Jati benig
Kec.Pondok gede, Kodya Bekasi 17412

13. Dwi Jaya (toko power steering)
> Pertokoan asem reges lantai dasar A 138 - 139 C3
> Jl. Raya Raman Sari Telp. 6286927, 6298232 (Pak Ucu)

14. Rapih Radiator (bengkel radiator)
A. Jl. RS Fatmawati (depan RS Setia Mitra)
Ph. 750.4096
HP. 0811-845.173
R. 742.7202
Selasa-Minggu Buka 07.00-16.30
Senin Tutup
Contact Person: Sudiono
B. Jalan Pahlawan Raya No.5
Samping Panti Nugeraha Melania
Rempoa 15412
Telp. 735 5585
HP 0811-81-4023
Riyadi / Nunuk
Minggu buka 08.00 - 14.00
15. Utama Jaya AC (bengkel AC)
Jl Kemanggisan Utama Raya
Yudi: 0815 995 0395

16. Chandra AS (bengkel kaki2)
Pak Mudiono bisa dihubungi di 0818 0869 2123

Bengkel2nya ada di:

1. Jl. Duren Sawit, Pasar Inpres No.9-10, Jaktim, telp.86601115

2. Jl. Raya Pejuang Harapan Indah Bekasi, HP.081513169808

3. Jl. Raya Cikopo, Cikampek, (0254)-313466

4. Jl. Ciledug Raya No.3, Larangan, Telp.7322613

5. Jl. KH Hasyim Ashari No.54, Ciledug, Tangerang, 73447957

6. Jl. Kali Baru Barat, Kota Baru Bekasi Barat
Jl Ciledug Raya No.3 Larangan 021-7322613

17. KudaMas Autoindo (toko ban, spooring, balancing)
Jl. Danau Sunter Barat No.5 (Blok A3)
(021) 6409928 – 6409929

18. Jaya Abadi Motor (toko shock absorber/per/tie rod/ball joint/as roda)
Bursa Mobil Kemayoran Blok E No.33-35 (masuk pintu 3)
021-65865985/70717162

Mega Glodok Kemayoran
Jl Angkasa Kav.B7 Blok C7/1 Lt.6
Kota Baru, Bandar Kemayoran
021-26646613

Mekanik2 handal:

1. Kang Cepot 0818-795043
2. Mbah Surip 0812-9289675
3. Pak Taufik 0812-9675007
4. Pak Maro 0818-990894
5. Mas Adrian (pilar motor,pekayon-jatiasih bekasi 0219251836)
6. Pak Endang Suparman (021) 7419721, HP 08159316105.
Di Perumahan Taman Kedaung - Kedaung.
Jl. Mawar 9 Blok D1 No. 17
Phone : (021) 741 9721
Juga terima service panggilan berbagai merk mobil Jepang or Eropa untuk wilayah Jabotabek saja. Hubungi saya, E. Suparman HP. 08159316105

7. Kang Dikwan, Ditech Injection, 0812 234 4848

spooring sendiri (dari web sebelah)

Seringkali dalam perjalanan mudik kita lewat jalan yang masih dalam perbaikan ataupun berlubang yang bikin spooring berubah, yang berakibat kondisi nyetir jadi kurang nyaman (mobil lari ke kiri ato ke kanan) mungkin tips yang saya sadur dari web sebelah bisa membantu karena biasanya kalo lebaran gini lom tentu ada bengkel spooring yang buka...

from otomotif.net

Penyetelan keselarasan sudut roda atau wheel alignment, lebih dikenal sebagai spooring di tanah air. Istilah ini sebenarnya punya arti bikin lurus roda seperti kereta (spoor, bahasa Belanda). Enggak hanya bengkel yang bisa mengerjakan. Anda pun bisa.

Ada dua metode yang bisa dipakai. Pertama, seperti kiriman Hadhi Warsono dengan menggunakan meteran pengukur. Lantas yang kedua, dengan menggunakan benang bangunan seperti dipaparkan Ade Rahmat dari bengkel OSS. Cara terakhir ini kerap dipakai mekanik balap buat setting langsung di lokasi. Mau tahu caranya?

PAKAI METERAN
Buat yang hobi ngoprek, cara ini pasti menarik. Bukannya meragukan hasil pengukuran mesin yang sangat akurat. Tetapi tetap berguna kala darurat. Atau juga kala setelan bengkel kurang afdol dengan keinginan. Bisa saja, kondisi mobil kurang fit saat dilakukan wheel alignment. Nah penyetelan manual seperti berikut bisa jadi alternatif.

Yuk, kita bahas satu per satu. Namun intinya, kedua cara ini lebih dominan pada penyetelan toe. Yaitu sudut roda terhadap garis lurus dari depan. Seperti trik Hadhi, pria unik yang hobi utak-atik. Pertama-tama cek kondisi kaki-kaki harus bagus termasuk tekanan angin ban harus sama.

Kemudian, carilah jalan rata dan lapang yang aman atau di dalam garasi juga boleh. Jalankan mobil lurus sepanjang 3 meter, tarik rem tangan (hand brake). Biar semua roda lurus. Tarik meteran, ukur jarak dari ujung ke ujung ban depan kiri dan kanan dari depan moncong, dengan menempelkan meteran ke salah satu alur ban yang sama.

Selanjutnya, ukur ban depan pada bagian belakangnya, hitung berapa selisih hasil ukur tersebut dalam skala centimeter. Kalau selisihnya banyak, spooring harus dikerjakan. Kendurkan mur tie rod dan setel tie od dengan cara memutar
Tie rod disetel sampai ukuran ban depan sisi luar membentuk kuncup dengan batas (limit) antara 1 s/d 5 milimeter maksimal, ukuran ini menjadikan ban aus secara merata.
Lalu, kencangkan lagi mur tie rod. Kuncup melebihi limit 5 mm mengakibatkan ban depan botak sisi luar. Sebaliknya, jika ukuran ban depan sisi luar membentuk kembang atau mengembang mengakibatkan ban botak sisi dalamnya.

PAKAI BENANG
Caranya sangat simpel pada mobil yang tergolong masih standar dan tidak terhalangi dengan penutup pelek yang menonjol keluar. Selain itu pelek yang digunakan tentunya tidak mempunyai offset berbeda atau jarak sumbu yang relatif sama.

Peralatan disediakan cukup dengan bantuan tali atau benang nylon yang tersedia di toko bangunan. Selain itu cari dudukan tali berupa penyanggah, seperti jack stand. Oh, iya. Pastikan penyetelan dilakukan pada tempat yang relatif rata pada semua roda
.

Langkah pertama, bagi rata putaran setir ke kiri dan ke kanan. Setelah setir diputar habis ke kanan, hitung putaran ke kiri hingga setir habis diputar. Umumnya jarak putar setir berkisar 3,8 putaran. Setelah terhitung, barulah gerak dibagi dua. Yaitu menjadi 1,9 putaran dari posisi habis.

Setelah putaran terbagi rata, tinggal atur ketegangan benang saat dibentang melalui kedua tonggak dengan patokan kelurusan pada bibir belakang ban belakang dan juga bibir depan roda depan
. Posisikan jack stand sekitar 1 meter di depan roda depan dan di belakang roda belakang

.
Biar tidak bingung, setelah benang di bagian roda belakang menyentuh salah satu bibirnya tonggak jangan digeser lagi . Setelah itu, atur kerapatan benang di roda depan sama dengan mengatur tonggak belakang. Begitu juga dengan tonggak di sisi lawan.

Kendurkan mur penahan tie rod sebelum as long tie rod diputar untuk penyetelan. Nah, sewaktu penyetelan as long tie rod, pastikan juga kemudi tidak bergeser. Setelah benang dapat rata sisi belakang dan depan roda bagian depan. Anda bisa lanjutkan pada sisi ban lainnya. Setelah selesai kedua ban depan, perhatikan garis antara kedua sisi ban. Semestinya tali lurus merapat pada kedua sisinya.

Berbeda dengan penyetelan roda belakang yang sudah menggunakan sistem independen atau multi link. Penyetelan ban bukan lagi pada baut as long tie rod. Baut dudukan salah satu arm akan dikendurkan lalu diputar menyesuaikan setelan yang dikehendaki. Sebagai patokan, juga sama dengan roda depan. Kedua bagian bibir ban akan menyentuh bentangan tali saat memiliki sudut nol.

Kenapa Ban Depan Sangat-sangat Cepat Gundul?

menurut pengetahuan ane, hal yang mempengaruhi ban cepet abis / abis kagak rata :

1. Merk ban ==> karakter ban beda2 (bahan pembuatan ban) contoh : dunlop udah sangat terkenal compound bannya lembek, alias empuk ===> cepet abis bannya (WAJAR), beda ama brigestone / GT

2. kondisi jalan yang dipake? sering lewat jalan beton? ====> ban mobil kayak keparut diparutan.

3. kondisi kaki2 mobil patut dipertanyakan neh?

4. kondisi kerusakannya bagaimana? habisnya setengah? habisnya pinggir? habisnya gelombang2 dll =====> menandakan ada kerusakan disistem kaki2 mobil ===> tempat spooringjavascript:void(0) yang baik pasti kagak bakal ngasih spooring kalo ada komponen kaki2 yang jelek !

OVER HEATING/VAN TREND

masalah overheat VT bisa diatasi dgn melakukan:

1. pasang Puli waterpump yg lebih kecil (ada di Utama motor mazda cipete kolong) supaya aliran air lebih kencang drpd sebelumnya dan lebih mudah buang panas air di radiator... dan fan mesin jd lebih cepat muternya.. jgn lupa ganti fanbelt nya jg yg kecilan...

2. pasang extrafan mobil eropa... minimal 12"... misalnya mercy ato BMW jgn pake mobil jepang or lainnya... kalo mau pake punya karimun aja...(kalo bisa msk)..itu jg lumayan kenceng anginnya...

3. ganti radiator 2ply

4. pasang thermostrat (jgn dilepas, ini penting untuk menormalkan suhu mesin) mesin terlalu dingin akan bikin boros BBM...

5. cari kipas mesin yg bilah / kupingnya lebih banyak dr kipas standar... kalo bisa sih pasang viscofan asli VT tp mahal...

setelah melakukan itu smua VT ane ga pernah overheat saat macet2 siang bolong...
temperatur ga pernah lebih dr setengah... padahal cuma pake air biasa bukan coolant...

Mobil anda kurang tenaga/loyo...............???

mesin ngelitik kan tandanya ada beberapa :

1. timing pengapian setelannya berubah.
2. carbon banyak di mesin
3. ngelitik gara2 overheat
4. tune up itu 1 - 1 1/2 bulan sekali

Benda yang dianggap sepele namun perlu

sebagian dari tunggangan kita sudah beranjak "dewasa" alangkah baiknya jikalau kita lebih tenang dalam berkendara.kadang kita lupa bawa kendaraan tanpa persiapan apapun modal nekad bahkan sampai keluar kota/keluar pulau Laughing
nah saya mau share benda2 yang terlupakan itu.monggo ditanggapi/ditambahi.intinya lebih baek ada toh ga nambahin beban berat yang berlebihan.

1.tool box:ber isi kunci2 pas/ring (belum komplit.)obeng +-, sekring merah,biru,putih, kabel2 cadangan, tang, tali tambang buat narik, solatip hitam,gunting,cutter,baut+mur kecil2 dll termasuk kabel gas dan kabel kopling.

2.air cadangan radiator.
karena dibutuhkan secara tak terduga, walaupun bukan di kendaraan kita, bisa juga nolongin orang di jalan Laughing (pahala boo....)
1galon isi 5 liter, aer hasil ngumpulin tetesan ac rumah Rolling Eyes

3.dongkrak.
percuma juga bawa dongkrak tapi ga bawa ban serep hehehe, bawa ban serep kempes dibawa2 sama juga boong. intinya cek ban serep masih nemplok ga di bawah, jangan2 dah kececer di pantura Rolling Eyes (pengalaman temen)

4.kunci stang/stir.
memperlambat maling beraksi.emang maling doyan VT?>. Embarassed

5.pemadam kebakaran Embarassed (namanya bener ga nih..)
klo bisa jangan sampe digunakan deh..cuman yah..namanya jaga-jaga.
sekaligus buat pajangan.

6.parfum (penting ga penting)
7.senter
8.segitiga pengaman
9.peralatan P3K
10.kunci cadangan (pernah pengalaman kunci ketinggalan di dalem)

Bocor rem blakang...

Rem belakang bocor itu disebabkan seal di master rem bawah bocor. Ada 2 cara penangannya:

1. Hanya ganti seal saja (hal ini di lakukan kalo memang tabung master rem masih bekerja dengan bagus, maju mundurnya buat dorong kanvas rem)
Harga gak terlalu mahal

2. Ganti master rem yg di roda itu. saya sarankan cek kiri kanan. Kalo yg ori sekitar 250~275 sepasang di panca. kalo yg Kw di bawah 100 deh kayaknya perbuah.

Sekalian ganti master rem, sekalian kuras minyak rem aja

atau:
1.buka ban,tromol.keliatan dah tuh master remny
2.buka master remnya,sebelumnya siapin plastik ama karet u nutupin minyak rem nyang akan tumpah.
3.liat dan raba tabung master rem nya..apakah ada nyang baret2 ataupun sealnya nyang udah getas
4.lebih baiknya gosoklah tabung tsbt pake amplas nayng agak kasar#800 dan finishing pake nayng rada alusan#1000,baiknya amplasnya pake minyak tanah
5.beli sealnya kalo udah rusak om.....pastikan seal tsbt agak seeret..kaya masukin pera1...hehehehehehe
6.pasanga kembali part2 nyang tadi di copot.....jangan lupa u kocok rem
7.seandainya asih bocor??????????
8.ganti aja dah.......

Stir ngebuang dan ban abis gak rata...

Yang saya lakukan waktu itu, cek kaki-kaki depan...hasilnya :
1. shock breaker memang agak lemah, tapi masih bisa dipertahankan
2. tierod masih ok, jadi ga diapa-apain
3. ball joint .. Nah. Ini yang bermasalah.---akhirnya diganti kanan kiri, harganya sepasang sekitar 240.000.
4. Setelah ganti ball joint, agak berkurang dikit lari-larinya. Dengan kondisi gitu, saya pake berlebaran ke Surabaya. Disana barulah di-spooring. biayanya 60.000.

ingat2.......... untuk mobil yang berumur :

1. sblm di spooring ===> speak2 dulu ama montir supaya dicek kondisi semua kaki2 ! !

bengkel yang bagus...... harus melakukan pengecekan tahap pertama dulu. kalo ada part kaki2 yang kurang bagus ===> wajib rekomendasi buat ganti part dulu baru spooring ! ! !

2. cara pengerjaan ! ingat, cara pemasangan ball joint ====> WAJIB DI PRESS + dikasih Welding Spot (alias las listrik 2-4 titik ! ! ! !) ====> WAJIB HUKUMNYA KUDU ! ! !

ada beberapa kejadian, karena keseringan ganti balljoint, lubang dudukan ball join udah GEDE AKA sudah KAGAK PERAWAN LAGI ! ! akibatnya balljoint jadi jeblos ke dalem gara2 lubang dudukan balljoint udah longgar Exclamation

beli balljoint yang bagusan dikit ! merk 555 / made in japan. mahal sedikit tapi dipakainya lama...... Laughing kalo ada duitnya seh hehehehehehe


rasaan cukup 2 point dah.... kalo ban habisnya di dalem kagak rata2 ITU biasanya emang gara2 PER atau SOCKbreaker yang udah lemah syahwat ! ! akibatnya daya tekan ban napak ke tanah berkurang alias kagak rata akibatnya.... gitu dah........ rasaan ulasannya juga dulu udah ade.... coba intip2 topic2 yang lalu dah ah...........

MAZDA VANTREND'S GEAR AND SPEED


MAZDA VANTREND'S GEAR AND SPEED


OEM

TRANSMISSION FINAL tire dia.
1ST 3.655 4.100 14.986 22.74015748 185/60 R14
2ND 2.185 4.100 8.959
3RD 1.425 4.100 5.843
4TH 1 4.100 4.100
5TH 0.827 4.100 3.391



SPEED
2000 3000 4000 5000 5500 6000
1st 14.52 21.79 29.05 36.31 39.94 43.57
2nd 24.29 36.44 48.59 60.74 66.81 72.88
3rd 37.25 55.88 74.50 93.13 102.44 111.75
4th 53.08 79.62 106.17 132.71 145.98 159.25
5th 64.19 96.28 128.37 160.47 176.51 192.56

Daftar Parts vt Subtitusi

plat kopling sama dengan ford yang 1.3
- Thermostat bisa pake pny Hyundai 82 drajat Celcius
- kabel busi bisa handmade >>> whikikikiiik....nda mutu,...
- dinamo stater = ford laser taxi
- baut roda = mercy
- per klep = kijang
- kopel = mr90 (mr90 bisa ganti crossjoint)
- laker worm stir = laker L 300
- worm kit = daihatsu taft
- tampungan air wiper untuk kaca depan + dinamonya = daihatsu taft gt
- Bosskit stir sama dengan suzuki carry.
- Velg sama dengan Zebra... kalo mau pake peugeot bisa juga cuma harus aga maksa dikit.
- baut stelan klep bisa pake punya kijang.
- thermostat bisa pake punya timor
- tarikan kap mesin bisa pake punya 323 yang fwd
- baut roda BMW juga bisa
- shockbreker backdoor=terano
- rr wiper(batangnya)=inov Wink (custum jg bisa)
- busi=kijang kapsul(bensin ya)
- lampu depan=lc=dx=
- arm wiper depan 1set bisa pake Ford laser sekitar 300rbanklo yg asli vt 900rban..
- Nah skrg lg mau coba ganti spion electric punya Daihatsu Ceria klo berhasil ntar lapor
- dinamo stater (fordlaser)
- arm wiper (fordlaser)
- plat kopling (fordlaser) ==> om risq ini bisa sama dengan perangkat lainnya
- dekrup laher (fordlaser)
- karet list pintu depan (luar/dalam) bisa pake kijang angkot kapsul
- dinamo stater punya ezpas/ zebra

Senin, 16 November 2009

Info Sparepart VT

All...

buat yang pernah beli sparepart atau tau harga spare part mohon info-nya ya... buat reference member forum.

sekalian sama nama toko + no telp, jadi gampang carinya.

thanks

- Laher roda belakang = 45000 / piece
- Final gear (gigi nanas dan gigi miring) = 3000000
- Spion dalem VT/MR = 100000
- Switch lampu interior di pintu = 15000 / piece
- Paking head (ori) = 180000
- Boss klep = 200000 (1 set) ori
- karet kaca mati samping belakang = 140000
- Shock Belakang Gabriel = Rp. 325.000 ( Utama motor )
- Shock Depan Kayaba = Rp. 375.000 ( sinar fajar )
- Karet Stabilizer 2pcs + karet arm stabilizer 4 pcs = Rp. 35.000
- Karet per belakang 8 pcs = Rp. 70.000 ( lupa namanya...tapi di cipete kolong juga )
- Water Pump GMB Japan Rp. 160.000,-
- Thermostat second ex Avanza Rp. 35.000,- (gk nemu yg jual baru)
- Fan Belt Rp. 15.000,-an
- regulator kaca depan kiri (engkol) : 175 K (di mana om Agung??, Engkoh yah)
- Engkolnya : 25 K (engkoh jg)
- Busi NGK BP 5 ES : @ 12.500 (Surabaya, sama masang) 4 biji = 50K
- Rumah lampu Autopal : 100K sepasang
- Mika lampu kota (putih) : 135K sebiji (Garuda motor Sby)
- Emblem "mazda" : 35K (garuda motor , Sby)
- 1 set kopling set = 490rb [matahari,plat kopling,deg laher]
- Kampas rem belakang 130k (japan/ori)
- Kampas rem depan 90k (non ori)
- Talang air merk dadone 100k/set
- Master rem belakang 60k
- Oil filter 22.5 – 25k
- Air filter 32.5 -35k
- Fuel filter 10k
- Logo mazda buat grill depan 27k
- Karet pintu + ongkos pasang 20k/m
- 1 set ball joint = 110rb[2pc]
- 1 set tei rod luar = 80rb [2pc]
- 1 set tei rod dalam = 100rb [2pc]
- handle pintu dalem VT 100 rb (Duta motor - Bogor)
- plat kopling Daikin-Exedy 280 (DUta motor - Bogor)