Selasa, 17 November 2009

Lampu Indicator Aki menyala

biasanya seh kalo nyala pengisian alternator ke AKI kurang voltasenya.

alias alternator udah lemah... cara gampang : pake multitester digital.. dicek pas engine nyala diliat dapet berape voltasenya? normalnya kisaran 13-14volt (kondisi listrik hidup / mati)

kalo kurang dari 12.6 volt aje... bisa dibilang pengisian alternator LEMAH ===> coba digas 2k rpm naik kagak nilai voltasenya... kalo naik masih bisa ngisi kalo lagi jalan... cuman kalo lagi macet2an + malem + full load listrik. aki bisa tekor abis.... modar dah kagak bisa stater.

solusi awal : cek kabel2an di Kepala AKI (harus diem) kagak bisa digoyang2, terus cek kabel2an yang nempel di alternator.. kudu kondisi bagus jg.

kalo kabel2an dicek nempel semua.... berarti siap2 nyari alternator rebuilt aje deach...

selain cek kabel2 juga cek socket2 sambungannya terutama yang dari altenator ke accu kalo bisa sekalian di bersihin, kadang kotor juga bisa bikin tuh lampu nyala... nah kalo semua dah nga ada yang putus (kabel bagus) socket juga bersih tapi lampu masih nyala juga berarti main ke tukang dinamo deh om...tuker tambah aja biar nga berat.jangan lupa cari yang ampnya lebih gede misal 60-75 amp karena aslinya vt cuma 45 kalo nga salah....

7 komentar:

  1. mas bro mau tanya dong....
    vantrendku kayaknya kurang ngecasnya dch...
    mau ganti alternator yg ampere nya gede pake alternator apa ya?
    thanks ....

    BalasHapus
  2. kl u/ganti alternator yg kapasitas gede agak repot krn blm cocok ma dudukanx VT....mendingan alternatorx diservice aj atau skln ganti br lbh sehat.

    BalasHapus
  3. Ganti pakai bekas nissan terano... cocok dudukannya...

    BalasHapus
  4. Ganti pakai bekas nissan terano... cocok dudukannya...

    BalasHapus
  5. Brp duit om harga baru artenator...

    BalasHapus
  6. Brp duit om harga baru artenator...

    BalasHapus
  7. Kalo mau beli aki itu yg apa y buat vantrend

    BalasHapus